Breaking News

Pupuk Kujang Pastikan Pupuk Diwilayah Distribusi aman Dan Tepat Waktu Hingga Dua Bulan Kedepan



KARAWANG, beritaekspos.com - PT Pupuk Kujang sebagai salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) bertanggung jawab menyalurkan pupuk subsidi untuk memenuhi kebutuhan petani di wilayah Jawa Barat, Banten & sebagian Jawa Tengah.

Ade Cahya Kurniawan selaku Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kujang mengatakan bahwa stok pupuk subsidi yang tersedia di gudang lini II (pabrik) dan lini III (distributor) s/d 30 Juni 2020 aman hingga dua bulan kedepan.

“Petani tidak perlu khawatir, sampai saat ini stok urea  untuk  Jawa Barat,Banten dan sebagian Jawa Tengah mencapai 84.594 ton atau hampir tiga kali lipat dari ketentuan sebesar 26.874 ton. 

Untuk NPK stoknya mencapai 7.158  ton  atau  128%  dari ketentuan  sebesar  5.585 ton.  Sedangkan  pupuk  organik,  stoknya  mencapai  6.808  ton  atau  247% dari  ketentuan sebesar 2.753 ton. Ketersediaan stok pupuk yang cukup banyak ini dalam rangka pemenuhan  kebutuhan musim tanam yang berlangsung pada bulan April – September” ungkap Ade kepada awak media,Senin(6/7/2020)

Sesuai ketentuan Kementerian Pertanian, produsen pupuk diwajibkan menyimpan stok sampai untuk kebutuhan dua minggu ke depan, tapi pada praktiknya, PT Pupuk Kujang sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok setara dengan stok untuk dua bulan ke depan bahkan lebih. Hal ini untuk mencegah terjadinya kelangkaan pada saat terjadi lonjakan permintaan di musim tanam.

Ia juga menjelaskam, pencapaian  Realisasi  penyerapan  pupuk  urea  bersubsidi  di  Jabar, Banten & sebagian Jawa Tengah sampai  dengan  30 Juni 2020  mencapai  396.350  ton  jumlah  itu  setara  dengan  77%  dibandingkan  kebutuhan  Dinas  Pertanian  sebanyak  515.664  ton.  

Dalam  penyaluran  pupuk  bersubsidi  di  lapangan,  Ade  juga  mengatakan,  pihaknya  bekerjasama dengan  stakeholder dan masyarakat yang aktif dalam memonitoring penyaluran  pupuk untuk sektor tanaman pangan. Hal ini agar pupuk bisa sampai ke tangan petani dengan prinsip 6T (Tepat Tempat, Tepat  Harga,  Tepat  Jumlah,  Tepat  Mutu,  Tepat  Jenis,  Tepat  Waktu). 

“Kami  berharap  dengan  komitmen  bersama  ini, antara perusahaan, distibutor dan kios dapat terus bersinergi dengan baik,  untuk  mengedepankan  kepentingan  petani,  dan  kelancaran  penyaluran pupuk bersubsidi khususnya di wilayah Jawa Barat, Banten  dan sebagain Jawa Tengah secara optimal” pungkas Ade.

Untuk diketahui PT Pupuk Kujang memproduksi urea dengan kapasitas 1.140.000 ton per tahun, pupuk NPK 200.000 ton per tahun ,pupuk organik 20.000 ton per tahun. 

(dej/egi)

BACA JUGA BERITA LAINNYA