Breaking News

Sebanyak 97 Calon Jemaah Haji di Kecamatan Cikembar Mengikuti Bimbingan Manasik Haji




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Sebanyak 97 calon jamaah haji (Calhaj) asal Kecamatan cikembar dan Kecamatan Gunungguruh mengikuti Bimbingan Manasik  haji reguler tingkat kecamatan tahun 2024 M/1445 H.

Kegiatan bimbingan Manasik haji tingkat kecamatan di langsungkan di Masjid Al-Jabar Desa Bojong Kembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (24/04/24).

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cikembar, H. Nandang menyampaikan, untuk kegiatan bimbingan Manasik haji kelompok tingkat Kecamatan itu digabung dua Kecamatan, antara lain Kecamatan Cikembar dan Kecamatan Gunungguruh.

"Berdasarkan jumlah yang kami terima, untuk Cikembar 53 orang jamaah dan Gunungguruh 44 orang. Jadi jumlahnya 97 orang jamaah,"Kata Nandang kepada beritaekspos.com Rabu (24/04/24).

Nandang menjelaskan, bahwa hari ini adalah sebagai pembukaan dan untuk selanjutnya nanti dilanjut untuk hari-hari berikutnya sampai hari Senin. Sementara untuk materi kita sampaikan dua materi hak dan kewajiban termasuk dari unsur kesehatan.

"Animo peserta Alhamdulillah mereka mengikuti dengan seksama dan mereka sangat antusias dengan kegiatan ini, sehingga mereka merasa terbantu karena ada beberapa informasi terkait apa yang harus dilakukan ketika mereka nanti melakukan ibadah haji di tanah suci,"ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam bimbingan ini materi yang kita tekankan yaitu tentang manasik haji maupun tentang manasik umroh termasuk kebijakan ramah lansia yang memang menjadi program pemerintah yang mengutamakan layanan kepada para jamaah lansia.

Dalam hari pertama ini, sementara 70 persen kita sampaikan dulu teori-teorinya dan nanti di akhir kegiatan kita akan mengadakan yang sifatnya simulasi atau praktek.

"Kami harap kepada seluruh peserta bimbingan Manasik haji ini, ketika mereka nanti dalam melaksanakan ibadah haji bisa menjalankan sebagaimana ketentuan dan mudah-mudahan menjadi haji -haji yang mabrur."Pungkasnya. (De).

BACA JUGA BERITA LAINNYA