Breaking News

Ratusan Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Cikembar Mengikuti Lomba Seleksi Pentas PAI Tingkat Kecamatan


 




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Cikembar melaksanakan Kegiatan seleksi Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI). Yang di ikuti sebanyak 42 Sekolah Dasar (SD) seKecamatan Cikembar.

Kegiatan tersebut di gelar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kebon Waru, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (19/02/24).


Ketua K3S Kecamatan Cikembar, Maman Suparman menyampaikan, kegiatan hari ini adalah Pentas PAI tingkat Kecamatan yang di adakan di Kecamatan Cikembar.

"Kegiatan ini sesuai dengan kesepakatan para Kepala Sekolah dan panitia. Kami melaksanakan di bulan Februari yaitu di tanggal 19 dan tanggal 20 dua hari,"Kata Maman kepada beritaekspos.com Senin (19/02/24).

Ia menjelaskan, pada tanggal 19 ini dilaksanakan 5 mata lomba diantaranya,
Dacil, MHQ, MTQ, praktek gerakan bacaan Sholat, dan lomba LCC. Dan untuk besok tanggal 20 ada 3 mata lomba, Kaligrafi, Rabana dan lomba Adzan. 

Sebagai dasar kami melaksanakan pentas PAI ini, memang sudah menjadi agenda tahunan yang memang diperkuat oleh peraturan pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan tentang pendidikan keagamaan.

"Kemudian juga merujuk kepada Permen dari Menteri agama yaitu Nomor 16 tentang pendidikan agama di sekolah yang didalamnya itu ada kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler, dimana ekstrakulikulernya adalah ditujukan untuk membina talenta-talenta peserta didik dilingkungan sekolah,"Terangnya.

Para peserta yang hari ini tampil, sambung Maman, mereka hasil tes yang dijuruskan dan dilatih oleh gurunya dalam kompetisi tingkat sekolah urutan pertama, sedangkan diurutan keduanya adalah seleksi di tingkat Kecamatan yang menghasilkan nanti calon-calon atau peserta kandidat yang akan di perlombakan di tingkat Kabupaten yang insya Allah kalau tidak ada perubahan akan digelar pada bulan Mei di Kecamatan Cisaat.

"Kemudian yang dipersiapkan oleh K3S sebagai pengelola yang mana kita berkoordinasi dengan para kepala sekolah, terutama dalam kegiatan ini memerlukan biaya, emang biaya itu sudah di anggarkan di dalam RKAS itu adalah untuk lomba-lomba,"Tuturnya.

Di katakannya, kegiatan lomba tingkat Kecamatan ini di ikuti sebanyak 42 Sekolah yang terdiri dari 39 Sekolah Dasar Negeri, dan 3 sekolah Swasta yaitu dari SDIT Ar Raayah, SDIT Bani Saleh dan SDIT Qurrota Ayun. Jadi jumlahnya ada 42 Sekolah yang hari ini mengikuti lomba.

Kemudian dalam lomba ini, kami selain menggunakan Juri dari Lokal, dalam beberapa lomba itu kami meminta bantuan kepada Juri luar terutama Juri-juri Profesional yang ada di Kabupaten.

"Sistem penilaian kita ngambil Juri dari dalam juga dari luar, hanya ini Formatnya sudah di tentukan sesuai dengan Juklak Juknis pentas PAI tingkat Kabupaten ataupun tingkat Provinsi seperti itu,"Ujarnya.

Ia memaparkan, untuk mewakili Kecamatan berpengalaman dari tahun yang lalu itu hanya juara 1 yang dibawa ke tingkat Kabupaten dan untuk lomba yang di unggulkan itu ada MHQ.

"Pesan dan harapan kami untuk anak-anak terus selalu berjuang meningkatkan kompetensi diri, membuktikan bahwa anak-anak yang berada di semua Sekolah Dasar di kecamatan Cikembar, memiliki bakat-bakat tertentu yang perlu dikembangkan dan harus ditampilkan dan ikut berpartisipasi dalam lomba ini apapun hasilnya yang di dapatkan."Pungkasnya. (de).
 

BACA JUGA BERITA LAINNYA