Breaking News

DPD HPK Tingkat Nasional di Gelar di Kota Malang Tampilkan Seni Tradisi Kasundaan"Tilu Tangtungan."



MALANG, beritaekspos.com - 
Tampil di hadapan peserta dan Undangan acara tingkat Nasional bertempat di Gelombang Samudera Angkatan Laut Kota Malang, memiliki tantangan tersendiri, sebab peserta dan undangan merupakan warga negara Indonesia dari berbagai propinsi di Indonesia,(9/2/2024).


Selain warga Himpunan Penghayat Kepercayaan ( HPK) Kepada Tuhan yg Maha Esa, juga di hadiri oleh Brigjen Pol. Achmad Nurwahid sebagai Dir. DeRadikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Kepolisian Republik Indonesia Resta Malang, Jajaran Daerah Militer Kota Malang dan Aparatur Pemerintah Kota. 

Dalam helaran tersebut, menampilkan seni tradisi kasundaan yaitu "tilu tangtungan" Merupakan khas Padepokan Tjakra Poetra  Padjadjaran. 

Tedi Subarkah, SH selaku Pembina Padepokan Tjakra Poetra Padjadjaran mengatakan, tilu tangtungan (tiga tihang) merupakan aspek spiritual kebudayaan, dimana di dalamnya terdiri dari aspek penghayatan terhadap Tuhan yg Maha Esa (yang secara hakekat penghayatannya terhadap kesadaran bagian dari hidup di Alam Raya, sebagai Manusia dan sebagai hamba Gusti Nu Maha Suci). 

Makna karya seni pertunjukan ini juga memiliki makna ungkapan yang bersifat menggugah setiap orang agar semakin mempererat rasa Jiwa yg tidak terpisah dg Yang Maha Agung, serta Usik Diri, dimana manusia dalam kesehariannya tidak bisa memisahkan dg Karunia Tuhan (Gusti Nu Maha Wenang). 

Falsafah luhur Kenusantaraan di tampilkan dlm kesenian tersebut, dengan harapan menjadi penggugah pikir dan rasa kita semua, untuk senantiasa saling mengasihi, saling menghargai dan saling menyayangi, sehingga tercipta harmonisasi kemanusiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Adapun penampil dalam acara tersebut, M. Abdul Rijal dan M. Rijwan (pesilat), Wulan Sari (Narator dan Juru Kawih ), Sukmaamanatullah (Kacapi Suling) dan akim Abdul Aziz (operator minus one). 

Acara tersebut bertemakan,
 Sradha Gong Benawa Sekar Keprabuan yg di selenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP HPK) Himpunan Penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan Yg Maha Esa, dan di hadiri oleh semua perwakilan DPD HPK se Indonesia termasuk Jawa Barat yang di pimpin oleh Bapak Ira Indrawardana,S.Sos.,M.Si (Dosen Antropologi FISIP Universitas Padjadjaran). 

Tidak lupa, Terima kasih yg sebesar besarnya kepada Pemerintah Kota Malang dan semua pihak atas di berikannya ijin penyelenggaraan kegiatan tersebut. Cag. Rahayu.

Red

BACA JUGA BERITA LAINNYA