Breaking News

Komisi II DPRD Kabupaten Majalengka Studi Banding Ke Aspepal Situmekar Terkait Perda LP2B




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Asosiasi Petani Padi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kelompok Tani Harum II Kelurahan Situmekar Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dikunjungi oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi II Kabupaten Majalengka ,Provinsi Jawa Barat dalam rangka studi banding terkait Perda untuk LP2B.Jumat,24/11/2023. 


Pada acara Studi Banding tadi 24/11 dihadiri oleh Camat Lembursitu Kota Sukabumi, Pasiter, Mewakili Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kapten Ojang, Babinsa para anggota Aspepal dan Masyarakat setempat.

Anggota DPRD Kabupaten Majalengka, Wakil Ketua 3, Fraksi PKS, Dhora Darojatin mengatakan kedatangannya anggota DPRD komisi II  Kab. Majalengka ke Kota Sukabumi ini dalam rangka untuk studi banding terkait Perda LP2B yang sudah dimiliki oleh ASPEPAL.

"Alhamdulillah pada hari ini kami memang sudah berencana dari beberapa pekan dan bulan lalu karena kami pun sedang berupaya ingin memiliki Perda LP2B di kabupaten Majalengka," ucapnya.

Pada akhirnya kita dapat imformasi bahwa di Kota Sukabumi ini sudah berjalan terkait LP2B di Kelurahan Situmekar dan ternyata benar tadi kami mendapatkan informasi bagaimana LP2B di Kota Sukabumi ini sudah berjalan," ujar Dhora, Jumat,24/11/2023 

Menurutnya yang menjadi ketertarikannya di LP2B adalah usulan dan kesadaran dari masyarakat untuk menghibahkan lahan selama kurun waktu tertentu untuk menjadikan Lahan Pangan Pertanian yang Berkelanjutan.

"Kami berharap ini akan menjadi satu spirit untuk kami di Kab.Majalengka, walaupun luasan berbeda ,karena di Kabupaten Majalengka ,jadi lebih luas dari Kota Sukabumi," terangnya 

Lanjut dia Tapi tidak ada yang tidak mungkin ini bisa bertahap pelaksanaannya. Yang terpenting lahan dan tanah dapat terjaga dengan industri sekarang yang makin besar dan meluas," tambahnya.

Senada disampaikan oleh Ketua KTNA Kelurahan Situmekar Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, H.Ali  terkait kedatang Anggota DPRD Majalengka ke LP2B ngin melihat kondisi LP2B, sejauh mana di Kota Sukabumi karena LP2B ini betul-betul sudah booming Selama ini ditingkat Kementerian. udah tahu persis bahwa LP2B Kota Sukabumi sangat membantu masyarakat ," ungkap H.Ali.

Yudi Sutriana Camat Lembursitu,Usai acara  pertemuan dengan komisi II DPRD kabupaten Majalengka menjelaskan  studi banding dari DPRD Majalengka terkait LP2B tersebut.
"DPRD kabupaten Majalengka hadir ke sini sudah dijelaskan sama pa Haji Ali ketua KTNA studi komparasi mereka melakukan kaji banding terkait Perda LP2B. 

Tadi sudah kita sampaikan data 2002 itu kurang lebih 1330 hektar lahan pertanian di Kota Sukabumi dari total 4833 hektar luas wilayah kita, jadi per Agustus 2023 itu sudah berkurang menjadi 1200 hektar dan itu sudah terjadi alih fungsi lahan." Pungkasnya.

OIS

BACA JUGA BERITA LAINNYA