Breaking News

Desy Ratnasari: Sosialisasi MPR RI Empat Pilar Kebangsaan Sebagai Landasan Pemersatu Bangsa Dalam Menyongsong Pemilu 2024”




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat, Desy Ratnasari selaku Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil Jabar IV Kota dan Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Amanat Nasional menggelar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) di Hotel Tamansari Kota Sukabumi, Senin (03/4/2023).

Dalam pelaksanaannya peserta sosialisasi 4 Pilar tersebut berasal dari MPC Pemuda Pancasila Kota Sukabumi dan Elemen Mahasiswa Kabupaten dan Kota Sukabumi.

Hal itu disampaikan langsung saat diwawancarai oleh sejumlah wartawan,di Hotel Tamansari Kota Sukabumi, Senin (03/4/2023), Kecamatan Cikole.


Desy Ratnasari Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat, mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan merupakan kegiatan yang sangat penting bagi penguatan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Desy Ratnasari yang merupakan ketua DPW PAN Jabar ini juga menyampaikan bahwa Pilar adalah Tiang Penguat atau Dasar yang Pokok serta Tiang Penyangga.

"Pentingnya pilar-pilar kebangsaan yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara,"ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan,  bahwa Indonesia sebagai negara kesatuan terbentuk dari unsur satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Indonesia merupakan negara yang majemuk mulai dari Suku, agama, etnis, budaya yang beragam. Sebagai negara yang beragam, tentu Indonesia rentan dengan perpecahan. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa Indonesia untuk menjaga keberagaman tersebut”,jelasnya.

Ia juga menerangkan, berbagai macam tantangan kedepan apalagi menyongsong Pemilu Serentak 2024 harus bisa dianalisa segala macam permasalahan secara komprehensif, jangan sampai masyarakat bisa diadu domba, melakukan anarkisme dan radikalisme yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Desy berharap apa yang disampaikan kepada para peserta seminar sosialisasi 4 pilar kebangsaan bisa diterapkan dalam aspek kehidupan, dan juga ilmu yang didapat bisa disebar luaskan ke masyarakat pada umumnya.

Ronal

BACA JUGA BERITA LAINNYA