Breaking News

Komunitas New KOI Kota Sukabumi Berikan Bantuan 1000 Ikan KOI ke DPK3




SUKABUMI, beritaekspos.com -Komunitas Ikan New KOI Kota Sukabumi berikan bantuan 1000 Ikan KOI, ke Dinas pertanian perikanan dan ketahanan pangan Kota Sukabumi bertempat Di BBI Kel, Sukakarya Warudoyong,rabu (12/1/2022)

"Komunitas New KOI, kota Sukabumi,  kerjasama dengan  DPK3 Selain itu ikan koi rencana kedepanya akan dibudidayakan ditempat tertentu dan dikembangkan di Kota sukabumi," 

Kabid perikanan dan Ketahanan pangan Kota Sukabumi Anas mengatakan, Alhamdulillah kita kedatangan tamu dari komunitas New KOI, kemungkinan kedepannya kami akan kerjasama dan  mengembangkan KOI, di kota Sukabumi, dan ini nantinya akan menjadi kan tren koi sentra KOI,  dan  memang awalnya  Kota Sukabumi  sentra KOI,  jadi kita harus kembangkan koi ini sama -sama dengan warga kota Sukabumi,"ujarnya kepada beritaekspos.com rabu 12/01/22.

"Supaya kota sukabumi ini maju, terkenal dengan ikan koi nya mudah-mudahan ke depan nya akan lebih baik  lagi,"katanya.

Banyak macam -macam Parian nya ikan koi yang diberikan kesini koi nya  bermutu dan bagus,  bisa di kontes kan mungkin ke depan nya juga kota Sukabumi, bisa di jadikan tempat mengadakan kontes ikan KOI.

Lebih Lanjut Anas mengatakan, Kita akan membantu dan memfasilitasi, karena di BBI banyak dengan fasilitas kolam, komunitas punya bibit nya kita punya kolamnya yang penting kerjasama, mungkin hasilnya ke depannya kita manfaatkan bersama juga, dan  nanti ada penyaluran ke setiap kelompok ikan koi kemungkinan akan kita bantu,dan  di wilayah kota Sukabumi ada sekitar 28 kopdakan ikan koi yang kita bina.

Mudah mudahan kedepannya bisa di jadikan  kampung KOI, memang tidak semua memproduksi ikan koi tapi kita lebih intens ke kampung KOI nya.

"Harapan nya  lebih maju lagi,  dan bisa lebih terkenal lagi dari tahun tahun sebelumnya. dan ini jumlahnya 1000 ribu ekor dari komunitas ikan New KOI.


Masih ditempat yang sama, menurut Ujang Dindin,  bagian pengembangan KOI, di komunitas Sukabumi New KOI,  mewakili Ketua New KOI Kota Sukabumi menambahkan, Dari komunitas kita melihat Kota Sukabumi punya potensi pengembangan KOI, pertama potensi sumberdaya Air yang melimpah, kedua sumberdaya Matahari  karena matahari itu berhubungan dengan pertumbuhan ikan,"terangnya.

"Yang berikutnya adalah potensi pasar,  sukabumi itu kan dekat dengan ibukota negara maupun ibukota provinsi, keberadaan kami itu komunitas New KOI,  ingin menjadi mitra bagi pengembangan KOI, yang bermitra dengan dinas DKP3 kota Sukabumi,"jelasnya.

Sejauh ini kita sudah memproduksi, artinya kita sudah bisa mandiri nah ke depan komunitas ingin menjalin kerjasama dengan berbagai kopdakan yang ada di kota, sehingga kopdakan yang ada di luar komunitas itu bisa menjadi mitra bagi kami dan bisa menjadi produsen KOI,  di Sukabumi juga,"imbuhnya.

Untuk saat ini kita baru ke dinas DKP3 ini, tapi kita juga berusaha dengan balai kemudian dengan komunitas yang lain yang ada di kota Sukabumi.

"Untuk pencapaian  mungkin kita masih baru, kalau di persentase kan mungkin baru sekitar 30-40 persen, tapi hubungan capaian tadi dengan waktu yang baru sudah luar biasa, sebenarnya kalau dari segi potensi, kita sangat besar, tinggal bagaimana potensi-potensi yang tadi disampaikan itu bisa menjadi sinergis, sehingga nanti produktifitas yang kita targetkan bisa tercapai,"tutupnya.
 
(Ronald)
BACA JUGA BERITA LAINNYA