Breaking News

Ketua Kwarcab Kabupaten Garut Buka Resmi Rakercab Gerakan Pramuka Garut Tahun 2021




GARUT, beritaekspos.com - 
Ketua Kwarcab (Kwartir Cabang) Garut, Kak Helmi Budiman yang juga selaku Wakil Bupati Garut membuka resmi Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Garut Tahun 2021 yang dilaksanakan di Gedung Bela Negara, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Senin, 30/8/2021

Dalam kesempatan tersebut dilakukan Penandatanganan Kerjasama Antara Kwarcab dan KCD Pendikan Provinsi Jawa Barat dan Kementrian Agama Kabupaten Garut.


Ketua Kwarcab Kabupaten Garut, Kak Helmi menegaskan bahwa Pramuka Kabupaten Garut siap apabila dipercaya diselenggarakannya kegiatan-kegiatan pramuka tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di wilayahnya.

“Garut ini punya potensi karena pramuka ini bersatu bukan hanya dengan masyarakat tetapi juga dengan alam, dan Kabupaten Garut ini sudah ditetapkan dalam undang-undang sebagai daerah konservasi 81%"

Mudah-mudahan ini juga diberikan perhatian agar terkait dengan kegiatan-kegiatan di lingkup Jawa Barat yang memerlukan kondisi alam yang dibutuhkan kita oleh Pramuka, maka Kabupaten Garut siap,” ucap Wabup.

Menurutnya, seorang anggota pramuka harus bisa menjadi tauladan bagi para anggotanya maupun masyarakat, sesui Tri Satya dan Dasa Dharma.

“Pendidikan kepramukaan tentu akan berbasis dua hal yang kita anut, tadi Trisatya dan Dasa Dharma. Dan Tri Satya dan Dasa Dharma ini bukan hanya untuk dihafalkan tetapi juga untuk diamalkan. 

Jadi apa yang kita lakukan dalam program kegiatan yang kita laksanakan bukan semata-mata transfer ilmu tapi juga transfer amal,” lanjutnya. 

Disisi lain, Kak Helmi Budiman juga mengapresiasi kegiatan-kegiatan kepramukaan yang telah dilaksanakan sebelum diadakannya rakercab ini.

“Maka saya pada bulan puasa kemarin memberikan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan Pramuka Bidang Mental Spiritual yang telah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan walaupun rakernya belum, biasanya kegiatan-kegiatan itu dengan raker dulu, kemudian baru ada kegiatan,” ujarnya.

Ia berharap setelah adanya raker ini, kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala ataupun hambatan.

“Saya sekali lagi ucapkan terimakasih kepada Kwarcab Kabupaten Garut, Ranting Kwartir se-Kabupaten Garut dengan adanya kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan walaupun belum melakukan raker.” Pungkasnya.

Rakercab bertema "Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Pramuka Garut Berkarakter, Berdaya dan Berguna".

Dalam acara tersebut diikuti oleh 42 Ketua Kwartir Ranting se- Kabupaten Garut, dan dihadiri Ketua Harian Kwarcab Garut, Basuki Eko, Ketua Komisi Orgakum Kwarda Jabar, Engkus Sutisna, dan para wakil ketua Kwarcab Garut.

(Beni)
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||