Breaking News

Akibat Hujan Deras, Pondasi Rumah Bagian Dapur Milik Warga Di Desa Cibatu Sukabumi Ambruk




SUKABUMI, beritaekspos.com - 
Hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, pada minggu sore (27/06/2021). Mengakibatkan rumah milik Aan 60 tahun warga kampung cibatu RT 03/04 Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, bagian dapur nya ambruk. 

Hujan deras mengakibatkan tergerusnya pondasi bagian dapur rumah Aan, Yang berada percis di atas tembok penahan tanah (TPT) saluran selokan air setinggi lebih kurang 2 meter. 

Ambruknya pondasi dapur terjadi pada minggu sore (27/06/2021) sekitar pukul 17.WIB saat turun hujan,"Ujar Sandi ketua RT 03, kepada berita ekspos. Com

Sandi mengatakan,Bangunan rumah, tepatnya di bagian dapur yang ambruk milik Aan, diduga lantaran pondasi tak kuat menahan beban bangunan rumah saat diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Terlebih lokasi bangunan yang berada di bibir TPT saluran air setinggi 2 meter. 

Tidak ada korban luka dalam kejadian tersebut, hanya kerusakan bangunan dan untuk kerugaian di taksir mencapai Rp 10 juta, dan itu sudah di laporkan ke pihak pemerintah Desa dan BPBD kabupaten Sukabumi.
"Ucap nya. 

Terpisah Babinsa Desa Cibatu Serda Basuki menuturkan, peristiwa Ambruknya pondasi rumah bagian dapur milik Aan warga RT 03/04 Desa Cibatu tersebut terjadi pada minggu sore (27/06/2021) sekira pukul 17.WIB. Saat turun hujan dengan intensitas tinggi. 

"Saya mendapat informasi dari ketua RT setempat, Dan langsung mendatangi lokasi untuk melihat langsung kerusakan akibat longsor, dan alhamdulillah tidak ada korban hanya kerugian material saja,"Kata Serda Basuki. 

Posisi bangunan terutama pondasi berada percis di atas Saluran air, di duga bawah pondasi sudah terkikis air dan pada saat hujan deras pondasi tidak kuat menahan resapan air sehingga menyebabkan pondasi ambruk. 

"Dengan kejadian ini saya sebagai Babinsa menghimbau kepada masyarakat saat ini sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi di sertai angin dan petir, untuk itu warga harus tetap waspada terutama warga yang rumah nya berada di dekat bantaran kali, harus tetap hati-hati dan waspada untuk mengantisipasi terjadinya musibah. "pungkasnya. 

IS/De
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||