Breaking News

Tingkatkan Potensi Zakat, UPZ Kecamatan Cikembar Gelar Sosialisasi






SUKABUMI, beritaekspos.com -
Unit pengumpul zakat (UPZ) Badan Amil Zakat (Baz) Kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi, menggelar sosialisasi optimalisasi pengelolaan zakat, infak dan sedekah, yang di laksanakan di tingkat desa di kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi, Rabu (21/04/2021).

Ketua (UPZ) (BAZ) kecamatan cikembar Ijam Jamaludin  mengatakan, Sebagai mana komitmen kami, pengurus baru  ingin kambali (UPZ) kecamatan cikembar ini bisa kembali jaya seperti beberapa tahun kebelakang, sehingga garapan kami akan lebih ektra turun kebawah memberikan sosialisasi tentang keteransparanan dalam pengumpulan zakat dan pendistribusian zakat. 

Sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk menggali potensi zakat dan membangkitkan kembali ekonomi umat ditengah pandemi Covid-19 dengan zakat, infak dan sedekah. Hal ini sejalan dengan program pendestribusian zakat Baznas untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. "Kata Ijam. 

Sebagai lembaga resmi pemerintah yang berwenang mengumpulkan zakat di Kecamatan cikembar, Baznas juga telah membentuk (UPZ) yang tersebar di masjid-masjid, tingkat kecamatan, dan desa, ini bertugas untuk melakukan kegiatan pengumpulan zakat dari muzzaki. Keberadaan UPZ ini dapat meningkatkan penerimaan zakat pada Baznas. 

Menurutnya, Pengelolaan zakat perlu terus ditingkatkan kualitasnya, sehingga zakat yang dikumpulkan bisa dimanfaatkan dengan baik dan disalurkan kepada orang yang tepat atau orang yang berhak menerimanya. 

"Untuk itu, melalui sosialisasi ini diharapkan (UPZ) dapat mengoptimalkan pengumpulan zakat, infak dan sedekah, sehingga potensi penerimaan zakat bisa meningkat, dan penyalurannya bisa semakin meluas," Tuturnya. 


Masih kata Ijam, Dalam sosialisasi ini kami didukung unsur pemerintah muspika kecamatan cikembar, Ada camat Cikembar, polsek dan juga koramil Semua ikut serta dalam memberikan pemahaman kaitan dengan pengumpulan zakat melalui panitia zakat di tingkat desa. 

“Kita berharap sebagai pengurus baru (UPZ) kecamatan cikembar kedepan dapat mengoptimalkan pengelolaan zakat, infak dan sedekah, sekaligus bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya untuk membayar zakat,”Jelas Ijam.

Sementara itu danramil (0708) cikembar Kapten Armed U. Sanusi mengatakan, zakat,infak dan sedekah wajib dikeluarkan oleh seorang muslim. Untuk diberikan kepada  mustahiq atau golongan yang berhak menerima zakat tersebut. 

"kami danramil ikut mensosialisasikan sekaligus pendampingan dalam pelaksanaan penghimpunan zakat yang dikumpulkan dari para muzzaki. melalui panitia zakat di tingkat desa yang kemudian diserahkan kepada (UPZ) kecamatan cikembar. 

"UPZ ini merupakan ujung tombak di bidang pengumpulan zakat yang memiliki peran penting dalam mewujudkan optimalisasi pengelolaan zakat di wilayah. 

"Oleh karna itu kami harap pengelolaan zakat di kecamatan Cikembar lebih meningkat dan  transparan serta dalam pendistribusiannya tepat sasaran agar UPZ kecamatan Cikembar kedepan menjadi yang terbaik di kabupaten sukabumi." Pungkasnya

Is/De
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||