Breaking News

Jalan Rusak di Desa Kertaraharja Sukabumi, Akan di perbaiki melalui program BBGRM Provinsi Jawa Barat




SUKABUMI, beritaekspos.com -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, (UPTD) wilayah II cibadak, Camat Kecamatan Cikembar, dan Pemerintah Desa Kertaraharja, melakukan monitoring jalan di kedusunan  cirumput desa kertaraharja kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi. 
rabu(24/3/2021)

Ruas Jalan Dwikora di dusun cirumput, yang kondisinya rusak sepanjang 2,1 kilo meter, menjadi akses vital bagi warga di 3 Desa Kecamatan Cikembar meliputi Desa Bojong, Kertaraharja dan Desa Bojongraharja. Jalan tersebut dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan. Melalui program bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tahun anggaran (2021).Dari bantuan keuangan provinsi Jawa Barat. 

Hal tersebut di sampaikan Kasi Kelembagaan Masyarakat (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Budiarto, kepada berita ekspos.com,Senin (22/3/2021).disela peninjauan lokasi jalan di dusun cirumput. Desa kertaraharja kecamatan Cikembar kabupaten sukabumi. 

"Kami lakukan survei awal untuk agenda kegiatan (BBGRM) dari bantuan keuangan provinsi Jawa Barat tahun anggaran (2021). Kegiatan ini merupakan lanjutan yang melibatkan tiga desa yakni Desa Bojong, Kertaraharja dan Bojongraharja. 

Pelaksanaan perbaikan jalan Dwikora ini rencananya akan dilaksanakan pada Oktober (2021) mendatang, "Akan dilaksanakan pengerasan jalan sistem lapis penetrasi (Lapen) dan setelah dilakukan Lapen, juga akan dilakukan pengaspalan peningkatan jalan (Sensit) di ruas jalan Dwikora sepanjang 2,1 Kilometer ini.

Program (BBGRM) harus memunculkan swadaya gotong royong masyarakat manakala ini sebelum pelaksanaan  dilaksanakan di bulan oktober, "Hari ini pemerintah desa dan warga masyarakat setiap minggu melakukan kerja bhakti untuk persiapan pekerjaan. " Ucap Budi. 

Swadaya gotong royong yang di lakukan warga seperti pembukaan jalan, kemudian pembukaan drainase saluran air dan pembersihan jalan,"Itulah yang harus di lakukan warga dalam upaya mendukung program ini. 

"Akses jalan ini kurang lebih hampir 10 tahun  belum diintervensi dan belum diperbaiki baik lapen ataupun di sensit, Rencananya jalan ini akan dilapen langsung ditingkatkan menjadi sensit jadi dobel."Jelas Budi. 

Mengingat perbaikan Jalan Dwikora ini akan diintervensi melalui program (BBGRM), masyarakat sekitar  diharapkan turut serta  melakukan swadaya gotong royong. agar semuanya bisa berjalan lancar .rasa gotong royong yang dulu pernah ada mari kita kembali bangkitkan lagi, jangan sampai tenggelam atau hilang. 

"Untuk masyarakat kami mohon dengan adanya program yang di support pemerintah ini dapat memacu semangat gerakan swadaya budaya gotong royong lebih di tingkatkan lagi mengingat infrastruktur sangat penting untuk menunjang lancar nya akases perekonomian ,"Ringkas nya.

Ditempat yang sama Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah, menuturkan, Pada intinya saya sangat mendukung sekali karna kalau jalan ini bisa di perbaiki dan nanti di tindak lanjuti dengan selesainya jembatan yang menghubungkan desa bojong raharja dengan desa bojong maka inilah salah satu jalur alternatif ketika ada kemacetan. 

"Maka peran masyarakat dinilai penting baik dalam proses gotong royong perbaikan maupun gotong royong dalam merawat hasil perbaikan jalan nantinya.
"Pada intinya kami sangat mendukung perbaikan ini. Sekarang kita bisa lihat respon warga dalam melakukan kegiatan gotong royong, 

"ini merupakan langkah awal yang sangat baik dalam perbaikan salah satu jalur alternatif solusi mengurai kemacetan di wilayah Cikembar." Saya harap kalau jalan ini di perbaiki masyarakat harus bisa merawat dan menjaga hasil dari perbaikan ini, agar aktivitas masyarakat bisa lancar. "Pungkas nya. 

Ois/Ade.

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||