Breaking News

*Desa Karyasari Katagori Enam Terbaik Pelaksana Bulan Bakhti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM' 21) Tingkat Kabupaten Garut*




GARUT, beritaekspos.com - 
Penilaian lapangan oleh tim Verifikasi pelaksanaan terbaik Bulan Bakhti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2021 tingkat Kabupaten Garut, bertempat di Desa Karyasari, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Kamis, 11/02/2021 Pukul. 14.⁰⁰ Wib.

Daftar Nominatif Desa dan kelurahan terbaik
Sesuai lampiran surat No: 147:11/422/DPMD, 03/02/2021 Laporan Swadaya Murni Masyarakat Tahun 2019-2020, antara lain; "Desa Giri Mukti Kecamatan Cibatu, Desa Cirapuhan Kecamatan Selaawi, Desa Karyasari Kecamatan Banyuresmi, Kelurahan Kota Kolan Kecamatan Garut kota, Desa Panyindangan Kecamatan Cisompet, Desa Hegarmanah Kecamatan Bumbulang"

Kepala Seksi PMD Kecamatan Banyuresmi, Azis Dahyar Mulyana, S.Sos. Menjelaskan, "Desa Karayasari Tahun' 21 telah mendapat kepercayaan masuk Nominatif Enam besar terbaik dalam pelaksanaan "Bulan Bakhti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)" tingkat Kabupaten Garut, dari hasil penilaian kerja DPMD Kabupaten Garut, sesuai dengan apa yang dilaporkan melalui Kecamatan Banyuresmi, ungkapnya.

Sesuai surat Nomor : 147.11/422/DPMD Tentang Verifikasi lapangan pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat kabupaten Garut. Begitu juga sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor : 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Selain itu sesuai Surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat Nomor : 0048/PMD.02.04/KPPM Tanggal 13 Januari 2021 hal konsolidasi bidang program kegiatan kelembagaan dan pengembangan partisipasi masyarakat Tahun Anggaran 2021, tuturnya.

"Kami juga mendorong Desa Karyasari untuk lebih meningkat, lebih termotivasi dalam pelaksanaan kegotong royongan terutama dalam tingkat kebersamaan di lingkup Desa Karyasari, lembaga Desa, masyarakat dan manunggal dalam upaya menumbuh kembangkan kembali budaya gotong royong yang terkikis oleh kemajuan jaman sekarang, tandasnya.

Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana mengatakan, dengan adanya kegiatan tim Verifikasi Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), "Saya selaku Kepala Desa Karyasari Kecamatan Banyuresmi merasa bersyukur dan merasa bangga dan bahagia sekali", ucapnya.

Alhamdulillah, "Desa Karyasari masuk Nominatif kategori Desa terbaik tingkat Kabupaten Garut", di balik rasa syukur itu kedepanya diharapkan wilayah Desa Karyasari itu lebih baik, maju dari semua sektor, dan untuk lebih meningkatkan integritas, tuturnya.

Selain itu dengan adanya rasa kebersamaan semua yang ada di wilayah Desa Karyasari, mulai dari tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, staf kepengurusan yang ada di Desa Karyasari, dan semoga cepat terwujud apa yang diharapkan warga masyarakat, ujarnya.

Tidak lupa, "Saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi, dan pengorbanan dari semua lapisan masyarakat, yang telah ikut serta bergotong royong untuk membangun diwilayah Desa Karyasari, tandasnya.

Kabid LKD DPMD Kabupaten Garut dan juga sebagai Ketua BBRGM, Asep Jawahir, S.Sos, MM. Mengatakan, "Dari hasil Verifikasi lapangan ada beberapa masyarakat yang sedang melaksanakan pekerjaan jalan ke arah pemakaman, ada juga yang membangun jalan dalam rangka melancarkan transportasi pertanian dan sarana prasarana pemenuhan kebutuhan masyarakat warga Desa Karyasari", ucapnya.

Menurutnya, bila ditinjau dari segi pembangunan Infrastruktur, masyarakat Desa Karyasari, tingkat kesadaran untuk gotong royong masih tinggi, begitu juga bagi pemilik lahan masih ada yang rela memberikan tanahnya dengan ketulusan, keikhlasan tanahnya untuk digunakan untuk sarana prasarana umum, jadi kalau diukur dengan nilai material sangatlah besar dan mahal, tuturnya.

Selain itu ada beberapa indikator yang telah dilaksanakan oleh tim Verifikasi lapangan antara lain melalui wawancara terhadap tokoh masyarakat, kader, Rw dan semua lembaga yang ada di Desa Karyasari, baik mengenai faktor kesehatan, ekonomi, sosial budaya dan Agama, imbuhnya. 

Setalah selesai verifikasi, kami akan menghitung secara persentase besaran dari nominal atau persentase dari besaran swadaya yang dilaksanakan oleh masyarakat, sesuai dengan ketentuan melalui empat indikator. Nanti hasilnya akan disampaikan secara terbuka setelah selesai Verifikasi terhadap lima Desa dan satu Kelurahan, tuturnya

Setelah hasil seleksi penilian untuk menentukan juara Ke- I, ke- II dan Ke- III, dari tingkat Kabupaten, maka juara ke- I yang berhak mewakili kejuaraan Bulan Bakhti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2021 untuk tingkat Provinsi Jawa Barat. Pungkasnya.

"Dalam pelaksanaan Verifikasi BBGRM dihadiri oleh; Asep Jawahir, S.Sos, MM (Kabid LKD), Jeje Ruhimat SH (Kasi parsipatif masyarakat), Yudi Juliadi, SH, MM (DPMD), Ina Marlina (Kasi ketahanan), E. Kuswara, SH (DPMD), Yana Handayana (DPMD), Andini Listiawati, S.Ip (DPMD), Dadang Arif Hidayat (DPMD)"

dr. Astuti (Dinkes), Dadang (Adkesra Setda) Kabupaten Garut, Ir. Sri Hartati TP-PKK Kabupaten Garut, Hj.Tinlatina Jujun
(Ketua TP PKK Kec Banyuresmi), dan Leni Suminar (Ketua PKK Desa Karyasari), Ajis Dahyar Mulyana, S. Sos (Kasi PMD Kecamatan Banyuresmi), Pelda Samadin (Babinsa), Bripka Riki Maryadi (Bhabinkamtibmas), Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, dan Seluruh ketua Rw Desa Karyasari.

(Beni).
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||