Breaking News

WAKIL BUPATI GARUT Lantik Pengurus PMI Tingkat Kecamatan Se-kabupaten Garut Masa Bakti 2020-2025.

 



Garut, beritaekspos.com - Pelaksanaan pelantikan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut tingkat Kecamatan bertempat di lokasi Wisata arena terbuka Bagendit 2 Desa Sukaratu Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Senin, 28/12/2020.

Sesuai Nomor Surat; 178/02.03.04/XII/2020 perihal silaturahmi dan pelantikan pengurus PMI Kecamatan Se- Kabupaten Garut untuk tiap Kecamatan diwakili oleh tiga orang pengurus PMI Kecamatan, pelaksanaan pelantikan pengurus PMI tingkat Kecamatan diikuti oleh sebelas Camat dan tiiga puluh tiga pengurus Kecamatan. 

Adapun  Camat dan Pengurus Kecamatan yang dilantik anatar lain; Kecamatan Banyuresmi (Sebagai tuan rumah), Kecamatan Sucinaraja, Kecamatan Wanaraja, Kecamatan Pangatikan, Kecamatan Sukawening, Kecamatan Tarogong Kidul, Kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Wanaraja, Kecamatan Karangpawitan, Kecamatan Karang Tengah, dan Kecamatan Garut kota.

Ketua PMI Kabupaten Garut sekaligus sebagai Wakil Bupati Garut dr. H. Helmi Budiman mengatakan, dengan telah diadakannya pelatikan kita terus melakukan upaya-upaya untuk mencari solusi untuk meningkatkan pendonor darah, ucapnya.


Masyarakat kita itu kurang dari 1% yang donor darah, baru ada sekitar 20.000 orang yang suka mendonorkan darahnya, dari  Dua juta tujuh ratus Penduduk Garut, berarti kurang dari 1% dan hanya 0,8% dari jumlah penduduk, tuturnya.

Sedangkan kebutuhan kita terhadap darah itu satu bulannya kurang lebih 2.000 liter, semenjak Covid-19 Setok darah kurang dari 2.000 liter, sementara capaian darah baru kurang lebih sekitar 1.500 liter tiap bulannya, kalau sebelum Covid-19 Setok darah itu cukup dan kita sudah bisa memenuhi sesuai dengan kebutuhan, ujarnya.

Kami berharap mudah-mudahan dengan aktifnya pengurus PMI tingkat Kecamatan, jumlah pendonor akan bertambah atau meningkat sehingga jumlah darah yang ada, bisa diberikan kepada yang membutuhkan itu dapat terpenuhi.

Lanjut dr. H. Helmi terkait kurangnya antusias warga masyarakat untuk mendonorkan darah mungkin kurangnya pemahaman, atau kerana rasa takut, ada juga persepsi kepercayaan bila darahnya didonorkan akan pingsan, sebenarnya itu tidak benar, karena apa yang dilakukan petugas PMI dalam pengambilan darahnya pun terukur, jelasnya.

Adapun sisi positif bagi warga pendonor bisa lebih sehat, mudah-mudahan juga lebih panjang umur, menjadi sehat, dan juga menjadi berpahala karena dengan berdonar darah merupakan amal sedekah darah, untuk menolong orang yang membutuhkan, karena apabila kita bisa menolong satu orang saja sama dengan menolong umat manusia semuanya.

Camat Banyuremi, H. Jujun Juhana, S.Sos, M.Si. mengucapakan terimakasih Kepada Bapak Wakil Bupati Garut yang juga sebagai Ketua PMI Kabupaten Garut, yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dalam rangka pelantikan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) untuk 11 Kecamatan.

Alhamdulillah kepercayaan ini merupakan suatu kehormatan untuk Pemerintah Kecamatan Banyuresmi. Terkait pengurus PMI Kecamatan Banyuresmi itu sendiri, terdiri dari tiga orang pengurus inti yaitu ketua, sekretaris, bendahara, serta melibatkan pihak UPT Puskesmas, dan Korwil Pendidikan, Pungkasnya.

(BENI).

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||