Breaking News

*KEPALA DESA KARYASARI Salurkan BLT Desa Tahap Akhir TA 2020*




Garut, beritaekspos.com - 
Penyaluran Dana Desa (DD) untuk bantuan sosial Covid-19 diwilayah Kecamatan Banyuresmi secara bertahap tiap Desa mulai menyalurkan BLT Desa sesuai jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari hasil musdesus tingkat Desa.

Pelaksanan penyaluran BLT untuk Desa Karyasari bertempat di Kantor Desa Karyasari Kecamatan Banyuresmi Garut Jawa barat, Kamis,17/12/2020.

Adapun proses penyaluran BLT Desa Karyasari berlangsung aman, tertib dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Langkah yang diambil oleh Kepala Desa itu berdasarkan surat keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang di tandatangani Oleh Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri.

Adapun isi surat yang dikeluarkan Abdul Halim sesuai surat Nomor : 2724/PRI.00/10/2020 Hal penyaluran BLT Dana Desa sampai Desember 2020. Adapun poin penting dalam menggunakan Dana Desa di Tahun Anggaran 2020 ;


Dana Desa Hanya digunakan untuk BLT Desa, tanggap Covid 19, dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), serta penggunaan Dana Desa untuk BLT Desa merupakan prioritas utama. 

Penyaluran BLT Dana Desa harus di lakukan sampai dengan Desember 2020, dan serta Kepala Desa wajib melaksanakan penyaluran tersebut tepat waktu, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Begitupun untuk menentukan KPM BLT Dana Desa itu adalah hasil dari musawarah Desa khusus (Musdesus), dan Apabila Dana Desa (DD) yang sudah digunakan untuk BLT Desa sampai Desember 2020, ternyata ada sisa, maka sisa Dana Desa tersebut dapat dipergunakan untuk Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan juga sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kepala Desa Karyasari Gaya Mulyana menyampaikan Alhamdulillah Wasyukurilah Saya selaku Kepala Desa Karyasari beserta jajaran kepengurusan lembaga yang ada di Desa Karyasari telah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT Desa) ;

"Untuk penyaluran BLT Desa untuk Bulan Oktober, November, Desember 2020 untuk masyarakat yang terdampak Covid-19"

Lanjut Gaya Mulyana, Dana BLT Desa yang di Alokasikan bersumber dari Dana Desa (DD) Anggaran Tahun 2020, dimana jumlah penerima sebanyak 155 Kepala Keluarga dari 11 Rw dan 35 RT. Setiap penerima mendaptakan uang nominal Rp. 900.000,- (Sembilan ratus ribu rupiah) untuk satu Kepala Keluarga (KK) atau satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
 
Kami berharap mudahan BLT Desa untuk sebanyak 155 KK yang telah tersalurkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi warga masyarakat penerima, tidak lupa selaku Kepala Desa Karyasari mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam proses penyaluran BLT Dana Desa Akhir TA 2020. Pungkasnya.

(BENI).

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||