Breaking News

*Pemerintah Desa Binakarya Dukung Pemekaran Garut Utara (CDP-DOB) GATRA Banyuresmi Garut Jawa Barat*



Garut, beritaekspos.com - Desa Binakarya telah mengadakan musyawarah Desa pembentukan Calon Daerah Persiapan Daerah Otonomi Baru (CDP-DOB) Kabupaten Garut Utara (GATRA) dilaksanakan di Aula Desa Binakarya kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Rabu,16/09/2020.

Sekertaris Kecamatan Banyuresmi Dudi Suryadi, S.STP,  M.S.i menyampaikan 
sesuai surat No.135/10877/ Tapem. Untuk Sosialisasi pemenuhan persyaratan administrasi pembentukan calon daerah persiapan Kabupaten Garut Utara. Berdasarkan pasal 33 ayat (3) Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. 

Sebagai Dasar Hukum adanya pemekaran kabupaten atau kota berlandaskan pada Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dimana usia penyelenggaraan pemerintahan minimal 7 tahun, serta PP Nomor 78 tahun 2007 tentang tata cara pembentukan penghapusan dan penggabungan daerah.

Selain itu sebagai syarat administrasi harus ada keputusan DPRD kabupaten atau kota induk tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten atau kota diproses (berdasarkan aspirasi sebagian besar masyarakat setempat). Dan juga sesuai keputusan Bupati atau walikota induk tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten atau kota. Adanya keputusan DPRD provinsi tentang persetujuan  pembentukan calon kabupaten atau kota, keputusan Gubernur tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten atau kota, dan disertai Rekomendasi Menteri, Ujarnya. 



Kepala Desa Binakarya Asep Zaenal Aripin menuturkan dengan akan adanya pemekaran Kabupaten Garut, dengan menjadi Kabupaten Garut Utara (Gatra) secara realistis dan logis kami sangat setuju dan mendukung rencana itu. Dimana bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat, karena saat ini dengan luasnya wilayah Kabupaten Garut Saya rasa masih belum tercukupi untuk memenuhi kebutuhan Pemerintahan Desa masing-masing. Ujarnya

Dengan adanya rencana pemekaran Kabupaten Garut menjadi tolak ukur untuk kemajuan di Kabupaten Garut dan menjadi bagian sejarah ditahun 2020. Dengan akan adanya Kabupaten Garut Utara pada intinya harapan kami untuk kesejahteraan masyarakat. Pelayanan publik bisa lebih optimal Karena pada hari ini kita merasakan langsung masih kesulitan dari berbagai pelayanan, salah satu contoh kegiatan dalam percepatan penanggulangan Covid-19 dibidang kesejahteraan sosial belum merata, pelayanan publik untuk membuat KTP pun sangat sulit, Ungkapnya. 

Asep Zaenal Aripin menegaskan sesuai kesepakatan yang diusulkan dalam Berita Acara pemekaran Garut Utara  nama kabupaten tetap Kabupaten Garut Utara (Gatra) dan lokasi yang kita usulkan sebagai Kabupaten Garut Utara di Kecamatan Banyuresmi demikian semoga dikabulkan, Harapnya. 

Ketua BPD Desa Binakarya Syaeful Rohman, S.Pd menambahkan dengan adanya rencana pemekaran Kabupaten Garut, menjadi Garut utara dari hasil musyawarah kami telah menyepakati untuk mendukung adanya pemekaran. Alhamdulillah hari ini musyawarah berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Tujuan dengan adanya pemekaran itu untuk kemudahan akses dari semua aspek, baik dari segi mengayomi pemerintah desa maupun pemerintah Kecamatan. Tuturnya. 

Saya selaku BPD mengapresiasi terhadap PM Gatra dengan harapan dan tujuan dari adanya pemekaran Garut Utara tersebut karena untuk kesejahteraan masyarakat, bukan berarti untuk memisahkan tapi hanya untuk bertujuan ingin sama-sama ingin di prioritaskan. Ujarnya. 

Sekertaris PM Gatra H.Uu Amarullah menjelaskan Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra) itu digagas tahun 2007- 2008 muncul dari para Kepala Desa. Pada bulan Juli Tahun 2012, direspon dan dideklarasikan oleh para ulama di wilayah utara Kecamatan  limbangan dengan nama Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM GATRA) Tahun 2012. Sebagai tindak lanjut PM Gatra telah menyerahkan proposal Kepada DPRD Kabupaten Garut, Ucapnya. 

Seiring dengan waktu pada Bulan Februari 2020 Bapak Bupati memberitahukan jadwal untuk melakukan sosialisasi tentang pemekaran Kabupaten Garut Utara ditiap Kecematan yang akan masuk kewilayah Kabupaten Garut Utara. Ujarnya

Kami ucapkan trimakasih kepada 11 Kecamatan yang sudah mendukung adanya pemekaran Kabupaten Garut Utara (GATRA), untuk Kecamatan Banyuresmi dan Kecamatan Pangatikan masih dalam tahapan sosialisai. Pungkasnya. 

(BENI)

|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||