Breaking News

Ini wejangan Ridwan Kamil Untuk Antisipasi Sebaran Covid 19 di Industri





Bekasi, beritaekspos.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambangi Kabupaten Bekasi terkait meningkatnya penyebaran covid 19 yang sekarang memasuki cluster industri. Dalam penyampaiannya di hadapan media bahwa apa yang menjadi persoalan meningkatnya paparan covid 19.


"Padahal industri menerapkan sop yang sangat baik, tetapi kenapa terjadi peningkatan keterpaparan. Salah sati kesimpulannya adalah pola perilaku setelah pulang kerja tempat industri yang sudah ketat dengan protokol kesehatan itu yang kurang termonitor,"ujarnya di hadapan awak media, Jumat (4/09/2020)


Jelas pria yang akrab di sapa RK, menugaskan kepada seluruh gugus tugas dimana seluruh karyawan yang ada di pabrik pabrik wajib mengisi buku harian. Setiap pagi si karyawan harus absen dan kemana saja sepulang kerja, jadi semua termonitor dengan gampang.


"Jadi nantinya, gugus tugas di pabrik dan di pemda menganalisa pola pola mana dari kegiatan itu yang punya resiko tinggi dari penyebaran covid 19. Kemudian dilakukan test CPR (swab) dengan mandiri, untuk di jadikan investasi dan bukan beban kalau lancar maka produktivitas tidak terhenti. Kalau masih terburuk karena masih situasi lain, dirinya masih mengijinkan rapid test  walaupun tidak kita rekomendasikan secara umum lagi."kata dia


Kemudian untuk ruang ruang yang tidak berpentilasi tolong di bongkar untuk di bikin jendelanya, lalu tidak ada lagi ruang khusus merokoknya. "Karena hasil temuan kita dari kumpul bersama itu menjadi tempat penularan virus,"sambungnya


Dan itu saja arahan teknis kepada pemilik industri, kemudian pada hal yang lain dimana setiap ada penularan langsung segera melakukan work from home (WFH). Dalam artian tidak perlu melakukan penutupan seluruh kawasan tetapi cukup menutup blok depan dari keterdugaan paparan.


RK menambahkan dalam waktu 2 minggu  akan kembali melakukan monitor akan berkoordinasi dengan pemilik industri, kawasan industri serta pengusaha bisa menghasilkan keterpaparan yang turun.
|| BACA JUGA BERITA LAINNYA ||