Breaking News

Seribu Relawan Guyub Bareng Pemkab Bekasi Benahi Kali Cikarang




Bekasi, beritaekspos.com - Seribu relawan menyerbu Kali Cikarang dari 90 kamunitas yang peduli dengan lingkungan, acara ini juga dihadiri Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, Anggota DPR RI Obon Tabroni, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi di Hutan Bambu Warung Bongkok Desa Sukadanau Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. 


Aksi yang diberi nama Gerakan 1000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang tersebut, dimulai dengan upacara memperingati HUT RI ke 75 di lingkungan hutan bambu, kemudian dilanjutkan melaksanakan kegiatan menyusuri kali Cikarang sepanjang 2,5 km dan darat 500 meter, untuk membersihkan sampah plastik yang ada.


Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno mengatakan bahwa pihaknya mendukung aksi yang digagas para relawan pecinta lingkungan hidup. Kedepannya komunitas - komunitas tersebut akan didata dan dikukuhkan agar bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan bantaran kali yang bersih.


"Langkah kedepannya kami akan mendata serta akan kita kukuhkan agar mereka semangat, apa saja keperluan mereka akan kita data yang penting kali ini bisa bersih kembali" ujar dia.


Di tempat yang sama, perwakilan relawan yang berasal dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Bekasi, Asmui menuturkan bahwa kegiatan aksi bersih - bersih yang digagas oleh Save Kali Cikarang bertujuan bertujuan mengembalikan kelestarian serta kebersihan air sungai yang ada di wilayah kabupaten Bekasi.


"Dalam aksi kali ini kami menurunkan 13 orang relawan kami, yang terbagi menjadi dua yaitu di air dan didarat. Kami kumpulkan sampah plastik yang ada dibantaran kali Cikarang"tuturnya


Para relawan di kejutkan kedatangan, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang tidak direncanakan kunjungannya justru hadir di tengah tengah. Eka mengatakan, Pemkab Bekasi akan selalu mendukung aksi Save Kali Cikarang yang mengusung tema 1000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang.


"Langkah kongkrit dari kami sebagai Pemerintah Kabupaten Bekasi, akan membeli peralatan pengeruk sampah guna memudahkan pemantauan volume sampah khususnya yang ada dikali Cikarang"ungkap Eka di hadapan para relawan


Eka menambahkan, diharapkan dengan adanya aksi yang digagas oleh komunitas Save Kali Cikarang, bisa menjadi motivasi dalam menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan wilayah kabupaten Bekasi

BACA JUGA BERITA LAINNYA