Breaking News

Normalisasi Di Muara Lama Di Apresiasi Para Petani Tambak



Karawang, beritaekspos.com -  Normalisasi sungai di Desa Muara lama Kecamatan Cilamaya wetan, Kabupaten Karawang,Provinsi Jawa barat, kini sudah dirasakan manfaatnya oleh petani tambak setempat. Terutama bagi para petani. Saat ini aliran sungai menjadi lebih lancar, karena bantaran sungai diperlebar.

Normalisasi saluran sungai yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Karawang melalui  Bidang Sumber Daya Air (SDA) targetkan pengerukan normalisasi.

Akibat pendangkalan sungai saluran air untuk kepentingan masyarakat terutama untuk kebutuhan pasokan air untuk area pertanian dan pertambakan disambut antusias para petani tambak. Mereka semringah, karena di normalisasi dan akan menunjang aliran air ke area tambak atau ke pesawahan sekitar.


Salah satu petani setempat TH (42) mengatakan ke beritaekspos.com," Normalisasi yang dilakukan Pemda Karawang melalui Dinas PUPR ,di sepanjang aliran sungai di muara lama sangat tepat. Karena sungai merupakan salah satu sumber air bagi petani tambak atau ke pesawahan sekitar".


Dengan di normalisasi sungai bisa kami gunakan secara optimal untuk pengolahan lahan tambak dan pertanian kami,ujarnya.jumat (7/8/2020)


Th melanjutkan, perbaikan saluran sungai bisa dibilang menyeluruh. Mulai dari Kecamatan Banyusari, Cilamaya wetan, Cilamaya kulon dan beberapa Kecamatan lainnya.


“Kalau kondisi saluran sudah bagus, otomatis air akan mengalir lancar. Bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh petani tambak,tetapi juga warga,” ungkapnya.

Rambudi Kasi SDA Kabupaten Karawang menuturkan," Walaupun dalam kondisi anggaran yang sangat minim pihaknya selalu menampung aspirasi masyarakat, khususnya keluhan pendangkalan sungai
saluran air menuju area persawahan dan tambak,yang mana saluran sungai tersebut merupakan sentral kebutuhan para petani tambak dan persawahan,tutupnya. 

(Pri/Egi)
BACA JUGA BERITA LAINNYA